Internet Beserta Sejarah dan Perkembangannya

Hi, berjumpa lagi dengan sebatang, karena kali ini termasuk tugas kuliah untuk posting diblog, maka izikan sebatang menyebutkan angka-angka berupa NIM yaitu 411821007.

Nah, Apakah ada diantara anda yang tidak pernah mendengar istilah Internet pada masa ini? Dapat dikatakan bahwa hampir setiap orang baik itu lansia, usia dewasa, remaja maupun anak-anak tidak asing lagi ketika mendengar istilah tersebut. Bahkan pengertian tentang apa itu internet telah ada di kepala anda sekilas.

Terlebih lagi saat ini hampir segala aspek pekerjaan di kehidupan sehari-hari banyak yang telah bergantung pada internet. Dan sudah bukan menjadi sesuatu yang bersifat rahasia lagi untuk menemukan segala jawaban dan solusi di Internet. Ketika membaca berita, memesan produk atau bahkan mencari resep makanan.

Lalu, apa sebenarnya pengertian internet dan bagaimana Bagaimana sejarah perkembangan internet?

Apa itu Internet?

Internet (Inter-Network) merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara/prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Sejarah Dan Perkembangan Internet

Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi

di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.

Adanya internet adalah agar komputer dapat saling terhubung.  Komputer bisa saja saling terhubung dengan menggunakan kabel ethernet, namun apabila komputer yang ingin dihubungkan dalam jumlah banyak, maka dibutuhkan kabel yang banyak juga. Misalnya untuk menghubungkan 10 komputer saja, butuh 45 kabel dengan 9 colokan per-komputer.

Untuk itu diperlukan adanya komputer kecil khusus bernama Router, agar penggunaan kabel untuk menghubungkan banyak komputer semakin sedikit. dari yang tadinya butuh 45 kabel untuk menghubungkan 10 komputer dengan router hanya butuh 10 kabel. 

Bagaimana jika kita ingin menghubungkan komputer lebih banyak lagi? 

Ya, kita tinggal menghubungkan router yang telah terhubung ke banyak komputer dengan router lainnya yang juga terhubung ke banyak komluter. Karena Router juga merupakan komputer, maka tidak masalah menghubungkan antara router dengan router.

Tapi itu kan tetap harus menggunakan kabel? artinya hanya komputer-komputer yang ada di satu lokasi yang sama yang dapat terhubung. 

Bagaimana kalau kita ingin terhubung dengan komputer tetangga? komputer kantor? bahkan komputer di seluruh dunia? kan tidak mungkin kita menyambungkan kabel-kabel sampai ke amerika?

Harus dengan kabel! Namun, tidak harus kabel Ethernet. Kita bisa menggunakan kabel listrik atau jaringan telpon yang sudah terhubung ke rumah-rumah kita.

Namun untuk melakukan hal tersebut, kita memerlukan adanya modem. 

Modem ini mengubah informasi dari jaringan kita menjadi informasi yang dapat dikelola oleh infrastruktur telepon dan sebaliknya.

Setelah terhubung ke infrastruktur telpon, langkah selanjutnya adalah mengirimkan pesan dari jaringan kita ke jaringan yang kita tuju, nah yang kita butuh untuk dapat melakukan itu adalah Internet Service Provider (ISP) atau Penyedia Layanan Internet. ISP adalah perusahaan pengelola router khusus yang menghubungkan semuanya secara bersamaan dan juga dapat terhubung ke router ISP lain. Pesan dari jaringan kita bisa sampai ke jaringan tujuan berkat si ISP ini yang membawanya.

Untuk menentukan tujuan komputer mana yang anda ingin kirimkan pesan, anda harus mengetahui Internet Protocol atau IP nya. Setiap komputer yang terhubung pada jaringan, ia memiliki alamat IP. 

Namun alamat IP ini sulit di-ingat karena terdiri dari banyak angka. 

Untuk mempermudah mengingat alamat IP, maka kita bisa mengubah alamat IP dengan menggunakan domain sehingga dapat dibaca dan mudah di-ingat.

contoh: 

alamat IP  173.194.121.32 itu sama dengan Google.com 

Untuk mengakses domain tersebut, kita dapat menggunakan Web Browser seperti Mozilla, Chrome ataupun Opera.

Perkembangan Teknologi Web

Seiring dengan semakin beragamnya tampilan dan penerapan teknologi berbasis desktop mendorong perkembangan teknologi sejarah web, baik berupa teknologi tampilan (GUI – Graphical User Interface), teknologi browser, teknologi bahasa yang digunaan untuk mengembangkan web, platform web dan beragam teknologi web lainnya. Seiring waktu keberadaan web pun meledak. Dari hanya berjumlah ribuan, hingga mencapai jumlah jutaan bahkan milyaran. Fungsinya pun berkembang, bukan hanya sebagai media bertukar informasi, tapi juga mewujud berupa aplikasi sistem informasi berbasis web.

Dalam sejarah web, web browser digunakan sebagai media untuk berselancar, dan browser yang pertama kali popular digunakan yaitu Internet Explorer. Internet Explorer digunakan sebagai aplikasi untuk mengakses web melalui komputer. Seiring perkembangan saat ini sudah tersedia beragam web browser selain Internet Explorer, seperti mozilla firefox, google chrome, safari, opera dan sebagainya. Untuk bahasa pemrograman yang pada awalnya hanya terdapat beberapa bahasa, saat ini sudah beragam. Salah satu bentuk bagian perkembangan sejarah web, lahir definisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu yang disebut web 2.0. Web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informatif, dengan tujuan membuat pengguna semakin dekat, salah satu cirinya ditandai dengan hadirnya wiki, blog, social network.

Bertolak dari sejarah web yang masih sangat sederhana digunakan, saat ini akses web bukan hanya dapat digunakan melalui komputer melainkan juga sudah menjangkau hingga berbasis mobile. Baik berupa laptop, netbook, smartphone hingga handphone. Dengan begitu kemudahan akses web melalui beragam media mana saja, semakin membuat web bagian dari kebutuhan hidup masyarakat secara luas.

 

Web mempunyai dua jenis yaitu statis dan dinamis

Website statis, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini,  yaitu :

Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML   diubah didalam program editor tersebut.

WYSIWYG ( What You See Is What You Get) editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di     generate oleh editor ini. 

Editor yang sudah memiliki templet, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana,     editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka,     menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat kode-kode HTML.

 

Website dinamis adalah website yang secara berkala informasi yang ada didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.

 

Aplikasi Berbasis web

Dahulu aplikasi identik dengan penggunaan dan hanya aplikasi berbasis desktop. Namun saat ini aplikasi berbasis web juga sudah sangat banyak. Secara sederhana, aplikasi berbasis desktop adalah aplikasi yang harus diinstall dulu di komputer yang akan menjalankam program tsb. Sedangkan aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang dijalankan melalui browser dan tidak perlu diinstall dulu.

Aplikasi berbasis web merupakan Aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web (WWW). Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang dapat langsung dijalankan pada browser dengan bantuan koneksi dari internet. Aplikasi berbasis web tidak terbatas pada sistem operasi yang digunakan. User yang mengakses data dengan menggunakan aplikasi berbasis web bisa langsung mendapat umpan balik dari server penyedia data sehingga tidak statis. Jenis gahasa pemrograman yang digunakan tidak mempengaruhi hasil aplikasi yang dibuat. 

Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang :

Berarsitektur client-server

software web browser di sisi client

software web server di sisi server

menggunakan protokol HTTP dalam komunikasi antara client dan  server

mempunyai fungsi untuk mengambil/menjalankan isi file dokumen web di server dan menampilkannya di sisi client

 

Keunggulan aplikasi berbasis web ini antara lain :

Platform Independent, artinya aplikasi ini dapat dijalankan dari sistem operasi windows, linux, BSD, Mac. Program yang kita perlukan hanyalah browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer maupun browser lainnya)

Untuk dijalankan di banyak komputer, tidak perlu install di aplikasi disetiap komputer, cukup kopi aja script programnya ke server atau salah satu komputer. Untuk komputer lain yang ingin menjalankan program ini cukup buka browsernya dan membuka alamat host server dimana program ini disimpan.

Aplikasi ini dapat dijalankan dari jarak jauh dengan menggunakan internet.

Selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi. Karena aplikasi tersebut terpasang di server Intranet/Internet, perusahaan pembuat aplikasi bisa memperbarui aplikasinya terus-menerus. Begitu kita mengakses aplikasi itu, yang kita dapatkan pasti adalah versi terbaru. Tidak perlu lagi kita melakukan upgrade, menginstall service pack, maupun berbagai hal lainnya yang merepotkan.

Kekurangan aplikasi berbasis web antara lain :

Antarmuka yang dapat dibuat terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen web dan keterbatasan kemampuan web browser untuk menampilkannya

Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat

 

Itulah tadi pengertian, sejarah beserta perkembangan Internet

 

Refferensi Tulisan: https://id.wikipedia.org/wiki/Internet  |  https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-internet/https://idcloudhost.com/pengertian-apa-itu-internet-defenisi-fungsi-manfaat-dampaknya/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of